DIVERSITAS
SOSIOKULTURAL
Kultur dan etnis
Kultur
Kultur adalah poa perilaku,
keyakinan, dan semua produk dari kelompok orang tertentu yang diturunkan dari
satu generasi ke generasi berikutnya.
Psikolog Donal Campbell dan rekannya menemukan bahwa orang –
orang di semua kultur cenderung:
Ø - Percaya bahwa apa yang terjadi dalam
kultur mereka adalah sesuatu yang “alami” dan “benar” dan apa yang terjadi
dalam kultur lain adalah “ tidak alami” dan “tidak benar”.
Ø -Menggap bahwa kebiasaan cultural
mereka adalah valid secara universal.
Ø - Berperilaku dengan cara – cara yang
sesuai dengan kelompok kulturalnya.
Ø - Merasa bangga dengan kelompok kulturalnya
Ø -Berusuhan dengan kelompok cultural
lain.
Studi lintas cultural menyediakan perbandingan informasi
tentang seberapa jauh orang itu sama dan seberapa jauh perilaku tertentu adalah
perilaku khusus dari suatu kultur.
Perbedaan dalam kultur dideskripsikan dengan dua istilah
yaitu, individualism dan kolektivisme.
Individualisme adalah seperangkat nilai yang mengutamakan
tujuan personal di atas tujuan kelompok. Nilai – nilai individualisme mencakup
perasaan senang, keunikan personal, dan independensi atau kemandirian.
Kolektivisme adalah seperangkat nilai yang mendukung
kelompok. Tujuan personal digunakan untuk menjaga integritas kelompok,
interdependensi anggota kelompok, dan keharmonisan hubungan.
Status sosioekonomi
Status sosioekonomi adalah kelompok
orang berdasarkan karakteristik ekonomi, individual, dan pekerjaannya.
Tingkat kemiskinan di amerika
Pada tahun 2000, 16 % anak AS hidup
dalam kemiskinan (children’s defense fund, 2000). Pada 1998, garis batas
kemiskinan untuk satu keluarga beranggotakan empat orang adalah keluarga
berpendapatan $ 16.450. tingkat kemiskinan anak AS hamper dua kali lebih tinggi
dibandingkan dengan Negara industry lain.
Mendidik anak berlatar belakang SES rendah.
Dua studi yang mengilustrasikan bagaimana kemiskinan bisa
berdampak negative terhadap pembelajaran dan perkembangan :
· Satu studi membandingkan lingkungan bahasa rumah anak – anak
usia 3 tahun dari keluarga professional dan keluarga yang berpendapatan rendah.
Semua anak berkembang normal dalam belajar bicara dan belajar menguasai
kosakata dasar. Namun perbedaan besar dalam jumlah bahasa yang dikenal anak dan
level perkembangan bahasa yang dicapai anak.
· Studi lain diatas 1200 remaja usia 12 sampai 14 tahun
dimaksud untuk mengetahui dampak kemiskinan dalam kemampuan mereka dalam
belajar membaca dan berhitung. Kemiskinan berhubungan dengan nilai pelajaran
membaca dan matematika yang rendah. Studi ini juga menemukan bahwa kemiskinan
berhubungan dengan problem perilaku di sekolah.
Etnis
Kata etnic berasal dari kata Yunani
yang berarti “bangsa”. Etnisitas (ethnicity) adalah pola umum karakteristik
seperti warisan cultural, nasionalitas, ras, agama, dan bahasa.
Istilah race (ras), yang kini didiskripsikan sebagai konsep
biologis, adalah klasifikasi orang atau makhluk hidup lainnya berdasarkan
karakteristik psikologis tertentu.
Prasangka, diskriminasi, dan bias.
Prasangka adalah sikap negative yang tak adil terhada orang
lain karena keanggotaan individu itu dalam satu keolmpok.
Diversitas dan perbedaan
Pengalaman historis, ekonomi, dan
social telah melahirkan prasangka d perbedaan antar kelompok etnis. Individu
yang tinggal dalam kelompok etnis atau cultural tertentu menyesuaikan diri
dengan nilai, sikap, dan tekanan dari kultur tersebut.
Isu bahasa
Pendidikan bilingual
Pendidikan bilingual bertujuan untuk
mengajar mata pelajaran kepada anak imigran dengan menggunakanbahasa asal
mereka, sembari secara bertahap memberikan pengajaran dengan bahasa inggris.
Program bilingual adalah program transisional yang dikembangkan untuk membantu
murid sampai mereka bisa memahami bahasa inggris secara cukup sehingga bisa
belajar dikelas regular.
Konsiderasi bahasa kedua lainnya.
Amerika serikat adalah salah satu dari
sedikit Negara di dunia dimana kebanyakan muridnya lulus dari sekolah menegah
dengan hanya mengenal bahasa mereka sendiri.
Misalnya, di Rusia, sekolah punya sepuluh kelas, yang kira-
kira sama dengan 12 kelas di Amerika. Anak Rusia mulai belajar usia tujuh
tahun. Mereka belajar bahasa inggris sejak kelas tiga. Karena penekanan pada
pengajaran bahasa inggris di sekolah Rusia, maka kebanyakan warga Rusia dibawah
usia 40 tahun sekarang ini mampu bicara dua bahasa, atau setidaknya bis bicara
bahasa inggris di samping bahasa mereka sendiri.
Sumber : santrock,
jhon. Psikologi pendidikan edisi kedua
Tidak ada komentar:
Posting Komentar